Segmentasi Pasar Ekowisata Bee Jay Bakau Resort Probolinggo

Authors

  • Dwi Sofiati PSDKU Universitas Brawijaya
  • Mochammad Fattah Universitas Brawijaya
  • Candra Adi Intyas Universitas Brawijaya
  • Asyifa Anandya PSDKU Universitas Brawijaya
  • Diana Aisyah PSDKU Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/grouper.v14i1.131

Keywords:

BJBR, Wisatawan, Persepsi, Segmentasi, Mangrove

Abstract

Ekowisata mangrove BJBR merupakan ekowisata yang terletak di Probolinggo Jawa Timur menyediakan atraksi wisata alam berupa mangrove dan beberapa atraksi wisata buatan.  Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis persepsi wisatawan terhadap sapta pesona dan menganalisis segmentasi pasar ekowisata Bee Jay Bakau Resort. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan analisis data yang digunakan adalah persepsi wisatawan menggunakan skoring, sedangkan segmentasi pasar menggunakan K-means cluster. Persepsi wisatawan terhadap BJBR nilai yang paling utama pada setiap kriteria sangat baik adalah ekowisata yang luas, kriteria baik adalah ketersediaan penginapan, dan kriteria cukup baik adalah kesejukan tempat wisata. Segmentasi pasar yang paling dominan adalah kelompok 3 dan kelompok 4 sebesar 45,7% dan 41,4% hal ini didukung dengan kondisi ekowisata mangrove BJBR menyediakan atraksi pada usia remaja atau dewasa berupa globe BJBR, piramida botol bekas, taman bunga matahari, gembok cinta, flying fox, cycling track, kuda cipta wilaha, lorong seribu payung, catamaran dan spot yang lain sehingga pengelola diharapkan melakukan strategi pemasaran atau promosi yang dapat meningkatkan daya tarik bagi usia tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2023-04-01