ANALISIS PROFITABILITAS USAHA SATE TAICHAN IKAN DORY (THAIKARY) DI KOTA BOGOR

Raditya Hafizhan Syaputra, Candra Adi Intyas

Sari


Indonesia sebagai negara maritim, memiliki keanekaragaman ikan dan produksi ikan yang melimpah. Meskipun produksi ikan melimpah, namun tingkat konsumsi ikan menurun seiring banyaknya daging di pasaran.  Seiring  berkembangnya zaman,  tingkat  konsumsi  ikan  sudah  mulai  turun  seiring  banyaknya  daging  yang beredar  dipasaran. Peneliti merancang produk inovasi sebuah makanan kekinian yaitu, THAIKARY (Sate Taichan ikan dory). Tujuan Praktek Kerja Lapang ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan profil THAIKARY, aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran, aspek Finansiil, Aspek lingkungan, aspek sosial. metode pelaksanaan yaitu observasi dan dokumentasi dengan data yang didapatkan secara langsung dilapangan dengan pelengkap dokumentasi yang ada. Hasil dari penelitian ini Profil usaha ini mempunyai nama Sate Taichan Ikan Dory (THAIKARY) yang di launching pada bulan Juli 2021. Aspek teknis terdiri dari sarana, prasarana dan proses produksi. Aspek manajemen terdiri dari planning, organizing, actuating dan controlling yang sangat sederhana dikarenakan terbatasnya SDM. Aspek pemasaran terdiri dari penentuan segmentasi pasar yang merupakan pencinta sate taichan didaerah Kota Bogor, target pasarnya adalah anak – anak, remaja hingga dewasa, positioning berfokus pada produk, harga, dan kualitas dari makanannya. Differentiation yaitu bahan dasarnya yang sangat inovasi dari sebuah ikan dory, serta menggunakan penetration pricing. Aspek finansiil terdiri dari permodalan, biaya produksi, penerimaan, Break Even Point (BEP), keuntungan, R/C ratio, Return to Total Capital (RTC). Aspek lingkungannya menggunakan analisis dampak lingkungan (AMDAL) dengan melihat dampak usaha ini bagi lingkungan. Dan aspek sosial dari usaha ini membawa dampak baik bagi masyarakat sekitar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustini, M. S., Maria, I., MUHAJIR, S. M., dan Ratna Agustin, P. 2019. Olahan ikan dory dan jamur tiram dalam bentuk bakso jamik dan tahu jamik di Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.

Agustrijanto. (2001). Seni mengasah kreatifitas dan memahami Bahasa iklan. Bandung: PT. Renaha Rosda Karya

Diansyah, K. R. 2017. Keanekaragaman spesies ikan di zona sub litoral perairan Pulo Rubiah Sabang sebagai materi pendukung Kingdom Animalia di Sman 2 Sabang. SKRIPSI. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Biologi.

Fauzi, P. M., Chumaidiyah, E., dan Suryana, N. 2019. Analisis kelayakan serta perancangan aplikasi website pada startup digital creative fotografi berdasarkan aspek pasar, aspek teknis dan aspek finansial. Jurnal INTECH Teknik Industri Univeesitas Serang Raya. 5(2), 60-66.

Ibrahim, J. T. 2020. Metode penelitian sosial ekonomi pertanian. Malang: UMM Press.

Intyas, C. A., & Abidin, Z. (2018). Manajemen Agribisnis Perikanan. Universitas Brawijaya Press.

Intyas, C. A., & Firdaus, M. (2020). Analisis Nilai Tambah Usaha Kerupuk Ikan Cumi Di Desa Weru, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. JFMR (Journal of Fisheries and Marine Research), 4(2), 214-221.

Kandias, K., & Intyas, C. A. (2021). Sosialisasi Mutu Pada Industri Ikan Layur Kering Mawardi di Desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Grouper: Jurnal Ilmiah Fakultas Perikanan Universitas Islam Lamongan, 12(2), 47-54.

Kasmir, Jakfar. (2003). Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Nashar, H., 2013. Dasar-dasar manajemen. Pamekasan: Pena Salsabila

Nasyrokha, M., Rapini, T., & Sumarsono, H. (2018). Analisis Break Even Point (BEP) sebagai alat perencanaan laba pada industri kerajinan kulit praktis Magetan. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 18-33.

Nur, I. 2019. Penyakit ikan. Deepublish




DOI: https://doi.org/10.30736/grouper.v13i1.101

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Jalan Veteran No 53 A, Lamongan

Email : grouper@unisla.ac.id

creative commons

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution Non-Commercial 4.0 International License

GROUPER: Jurnal Ilmiah Perikanan UNISLA 
Contact Us 
Instagramfacebook