STRATEGI PEMASARAN OTAK-OTAK BANDENG (Chanos chanos) (Studi Kasus di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan)

Authors

  • Rohmatul Laili Fakultas Perikanan, Universitas Islam Lamongan
  • Dona Wahyuning Laily Fakultas Perikanan, Universitas Islam Lamongan
  • Fuquh Rahmat Shaleh Fakultas Perikanan, Universitas Islam Lamongan
  • Muntalim Muntalim Fakultas Perikanan, Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/grouper.v10i2.57

Keywords:

Otak-otak Bandeng, Analisis Strategi Pemasaran, SWOT

Abstract

Perkembangan usaha di Kabupaten Lamongan, terutama pada bidang usaha olahan otak-otak bandeng belakangan ini semakin lama semakin berkembang pesat. Keadaan ini menimbulkan persaingan yang rumit antar perusahaan, baik karena pesaing yang semakin bertambah, ataupun volume dan teknologi yang semakin meningkat. Oleh karena itulah perusahaan harus menetapkan strategi pemasaran yang tepat agar mampu bertahan dan berkembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengolahan otak-otak bandeng di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan dan mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan otak-otak bandeng di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Penelitian dilakukan selama 3 bulan dari bulan Maret sampai Mei 2019. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey deskriptif kuantitatif dengan analisis SWOT, dengan cara mengambil 6 pengusaha yang berada di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan dan masih aktif beroperasi hingga sekarang sebagai responden.

Dari gambar kuadran SWOT hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha otak-otak bandeng mempunyai posisi yang sangat strategis untuk mendukung perkembangan memperoleh keunggulan strategi, usaha otak-otak bandeng terletak pada kuadran I, artinya pada posisi ini produk suatu usaha sangat mendukung untuk dilakukan strategi pertumbuhan agresif untuk mendapatkan keunggulan perusahaan agar dapat bersaing dengan pengusaha-pengusaha lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawyah, R. 2007. Pengolahan dan Pengawetan Ikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan ke-15. Jakarta: Rineka Cipta.

Fujaya, Y. 2004. Fisiologi Ikan : Dasar Pengembangan Teknik Perikanan. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan ke-20. Bandung: Alfabeta.

Published

2019-09-11

How to Cite

Laili, R., Laily, D. W., Shaleh, F. R., & Muntalim, M. (2019). STRATEGI PEMASARAN OTAK-OTAK BANDENG (Chanos chanos) (Studi Kasus di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan). Grouper : Jurnal Ilmiah Perikanan, 10(2), 52–61. https://doi.org/10.30736/grouper.v10i2.57