Analisis Bauran Pemasaran Usaha Garam Prisma di Desa Sedayulawas

Authors

  • Bhiaztika Ristyanadi Universitas Islam Lamongan
  • Yunni Rusmawati DJ Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan Jl. Veteran, No. 53 A, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan
  • Emalia Nova Sustyorini Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan Jl. Veteran, No. 53 A, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan
  • Nurul Khoiroh Prodi Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan Universitas Islam Lamongan Jl. Veteran, No. 53 A, Fakultas Perikanan Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/grouper.v13i1.122

Keywords:

Teknologi Garam Prisma, Bauran Pemasaran

Abstract

Garam adalah salah satu bahan kebutuhan yang merupakan pelengkap dari kebutuhan pangan dan sumber elektrolit bagi tubuh manusia. Garam memanfaatkan air laut sebagai bahan baku utama komoditi strategis yang dibutuhkan manusia dalam bentuk garam konsumsi dan juga sebagai bahan baku atau bahan tambahan berbagai industri. Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui proses produksi usaha garam prisma dan mengetahui strategi pemasaran usaha garam prisma di Desa Sedayulawas. Serta mengetahui tentang proses produksi usaha garam dan strategi pemasaran usaha garam di Desa Sedayulawas. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi observasi, wawancara, literature dan pengambilan dokumentasi. Bauran pemasaran terdiri dari produk, harga tempat dan promosi, untuk produk garam prisma ini memiliki keunggulan-keunggulan yang dapat bersaing di pasar. Produk yang dihasilkan diharapkan mampu memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen, melalui penentuan harga produk garam prisma dan kualitas garamyang baik. Selain itu garam prisma mempunyai gudang penyimpanan yang strategis dan mudah dijangkau oleh para konsumen karena lokasinya dekat dengan laut dan pemukiman warga Sedangkan untuk kegiatan promosi masih dilakukan dengan cara menginfokan produk usaha garam tersebut melalui mulut ke mulut sehingga konsumen satu dengan konsumen yang lain agar dapat mengetahui keberadaan produk garam prisma

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bhiaztika Ristyanadi, Universitas Islam Lamongan

Prodi Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan Universitas Islam Lamongan  Jl. Veteran, No. 53 A, Fakultas Perikanan Universitas Islam Lamongan

References

Ahyari, A, 2002. Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi Buku 1. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE UGM.

Afzalur Rahman, 1995. Doktrin Ekonomi Islam. Yogyakarta: PT. Dana Bakti Wakaf. Jilid I. Cet. I. h. 193.

Arifin, 2020. Pengolahan Usaha Garam Prisma. Desa Sedayulawas Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan.

Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Adam, A, Kouider, S.A, Youssef, B, Homou, A, & Saiter, J,M, 2005. Studies Of Polyethylene Multi Layer Films Used As Greenhouse Covers Under Saharan Elimatic Conditions. Polymer Testing. 24(7). 834-838.

Arwiyah, Zainuri, M, dan Efendy, M, 2015. Studi Kandungan NaCl di dalam Air Baku dan Garam yang Dihasilkan Serta Produktivitas Lahan Garam Menggunakan Media Meja Garam yang Berbeda. Jurnal Kelautan, 8(1), 1907-9931.

Azwar, 2013. Sikap Manusia: Teori Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Burhanuddin, 2001. Proceending Forum Pasar Garam Indonesia. Badan Riset Kelautan Dan Perikanan. Jakarta.

Dehbi, A, dan Mourad, A,H, I, 2016. Duability Of Mono-Layer Versus Tri-Layers LDPE Films Used As Greenhouse Cover : Comprative Study, Arabian Journal Of Chemistry. 9. 282-289.

Dehbi, A, Youssef, B, Chappey, C, Mourad, A, H, I, Picuno, P, &

Statuto, D, 2017. Multilayers Polyethylene Film For Crop Protection in Harsh Climatic Conditions. Advances in Materials Science and Engineering. 2017. 1-7.

Hamidi, 2004. Metode Penelitian Kualitatif : Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. UMM Press. Malang.

Indraswati, D, 2012. Pengemasan Makanan Ponorogo (ID): Penerbit Forum Ilmiah Kesehatan (FORKIKES).

Kotler dan Amsrong, 2012. Principles Of Marketing. 14 th Edition Peasrson International Edition. Prentice Hall New.

Kotler, 2006. Social Marketing Improving The Quality Of Life Second Edition. Sage Publication. Inc.

Kotler, P, 2001. “Marketing Management: Analisis Planing And Controlâ€. 9 th Ed. London: Prentice-Hall Internasional. Inc.

Kotler, P, 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: CV Ryama Widya.

Kotler, 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi Kedelapan. Erlangga. Jakarta.

Marwah, 1991. Konsep Pemasaran dan Penjualan. Blog-Ahmad Elqorny.

Nur, M, Marhendrajaya, I, Sugito, Windarti, T, Arnelli, Hastuti, R,

Haris, A, Rahmanto, W.H, Widodo, 2013. Pengayaan Yodium dan Kadar NaCl pada Garam Krosok menjadi Garam Konsumsi Standar SNI. Jurnal Sains dan Matematika. 21(1): 1-6.

Nazaruddin, 2003. Teknologi Penanganan Pasca Panen. Graha ilmu. Yogyakarta.

Oentoro, Deliyanti, 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : LaksBang Pressindo.

Philip, Kloter. 1995. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kedua. Cetakan Keempat. Liberty. Yogyakarta.

Purbani, D, 2003. Buku Panduan Pembuatan Garam Bermutu. Pusat Riset Wilayah Laut dan Sumberdaya Non Hayati. Badan Riset Kelautan dan Perikanan Jakarta.

Sethi, V, P, 2009. On The Selection Of Shape And Orientation Of a Greenhouse: Thermal Modeling and Experimental Validation. Solar Energy. 83. 21-38.

Suhendra, A, 201). Increasing The Productivity of Salt Trought HDPE Geomembrane Indonesia Case History in Salt Evaporation Pond. EJGE. 11. 4272-4280.

Sumarni, Murti, dan Soeprihanto, John, 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Jakarta: Alfabeta.

Susanto, H, Rokhati, N, dan Santoso, G,W, 2015. Development of Tranditional Salt Production Prosess for Improving Product Quality dan Quality in Jepara District. Central Java. Indonesia. Proceeding Enviromental Science. 23. 175-178.

PlumX Metrics

Published

2022-04-01