Strategi Pemasaran Gelondongan Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) Di Kabupaten Lamongan

Norma Aprilia Fanni, Endah Sih Prihatini, Moh. Azus Syarof

Sari


Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu sumberdaya hayati perairan bernilai ekonomis penting dan telah dibudidayakan secara komersial adalah pada penerapan teknologi sederhana sampai intensif dalam produksi udang vaname di wilayah tropis telah menunjukkan bahwa udang vanamei memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis udang yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran gelondongan udang vaname yang diterapkan oleh pengusaha udang vaname di Kabupaten Lamongan (yang dilaksanakan di Kecamatan Glagah, Kecamatan Deket dan Kecamatan Babat). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus (case study). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif (akumulasi atas data dasar dalam cara deskriptif semata-mata tidak perlu mencari atau menerangkan saling berhubungan, menguji hipotesis, membuat peramalan, atau mendapatkan makna atau implikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan matriks SWOT posisi. Strategi untuk pengembangan gelondongan udang vaname di Kabupaten Lamongan berada pada kuadran I yaitu menggunakan Strategi Agresif dimana pengusaha memiliki kekuatan dan peluang yang besar. Jadi di harapkan pengusaha harus lebih meningkatkan usahanya sehingga bisa mencapai peluang dan bisa menambah kekuatan dari usahanya.


Kata Kunci


strategi pemasaran; analisis SWOT; udang vaname.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Effendi, U., R. Astuti, R., & Melati, D. D. (2017). Strategi Pengembagan Usaha Coklat Munggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan Multi Attribute Utility Theory (MAUT) di Kampung Coklat, Blitar. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 6(1), 31-40.

Prakoso, A. A., Elfitasari, T & Basuki, F. (2016). Studi Analisa Usaha dan Prospek Pengembangan Budidaya Udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei) Sistem Intensif di Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang. Seminar Nasional Tahunan Ke V Hasil-Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan. (pp. 311-331).

Lestari, A. (2009). Manajemen Resiko Dalam Usaha Pembenihan Udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei), Studi Kasus di PT. Suri Tani Pemuka, Kabupaten Sarang, Provinsi Banten. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Widodo, A. F., Pantjara, B., Adhiyudanto, N. B & Rachmansyah. (2011). Performansi Fisiologis Udang Vaname, Litopenaeus Vannamei Yang Dipelihara Pada Media Air Tawar Dengan Aplikasi Kalium. J. Ris. Akuakultur, 6(2), 225-241.

Yuniarti, A & Maizar, A. S. (2018) Peningkatan Produksi Ikan Pada Sistem Sawah Tambak Di Desa Rayunggumuk Glagah Lamongan. Journal Of Innovation And Applied Technology, 4(1), 576-580.




DOI: https://doi.org/10.30736/grouper.v11i2.70

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Jalan Veteran No 53 A, Lamongan

Email : grouper@unisla.ac.id

creative commons

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution Non-Commercial 4.0 International License

GROUPER: Jurnal Ilmiah Perikanan UNISLA 
Contact Us 
Instagramfacebook