The Distribution System of Red Snapper (Lutjanus sp) at the Brondong Fisheries Port in the Brondong District, Lamongan Regency, East Java

Authors

  • Bhiaztika Ristyanadi Universitas Islam Lamongan
  • Endah Sih Prihatini Universitas Islam Lamongan
  • Faisol Mas'ud Universitas Islam Lamongan
  • Mochammad Atok Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/grouper.v15i1.124

Keywords:

Kakap Merah, Sistem Distribusi, Lamongan

Abstract

Ikan kakap merah (Lutjanus sp) adalah jenis ikan laut yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan banyak digemari, baik untuk dikonsumsi masyarakat atau untuk komoditas ekspor. Banyaknya masyarakat yang mengkonsumsi ikan kakap merah karena ikan ini dikenal mempunyai kandungan gizi tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Penelitian ini dilaksanakan di Pelabuhan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan selama 1 bulan mulai pada tanggal 11 Januari 2022. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem distribusi, margin dan lembaga pemasaran ikan kakap merah di Pelabuhan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Penelitian ini, diharapkan dapat menambah pengalaman, meningkatkan dan dapat mengaplikasikan dan membandingkan teori yang didapat dibangku perkuliahan dengan keadaan di lapangan terkait sistem pemasaran Ikan Kakap Merah di Pelabuhan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi observasi, wawancara, pastisipasi dan dokumentasi. Sistem distribusi pemasaran ikan kakap merah di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong terdapat dua tipe, tipe pertama distribusi pemasaran semi langsung dan tipe kedua distribusi penyaluran tidak langsung. Adapun saluran pemasarannya dari penjual, pedagang pengumpul, pedagang pengecer, eksportir, pabrik pengolahan ikan dan konsumen. Marjin pemasaran terbesar adalah Rp.38,000. Tingginya marjin tersebut dipengaruhi oleh besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mengolah ikan kakap merah menjadi ikan fillet.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bhiaztika Ristyanadi, Universitas Islam Lamongan

Dosen Fakultas Perikanan

References

Azzaino, Z. 1982. Tataniaga Hasil Pertanian. Institut Pertanian Bogor: Bogor.

Anindita, R. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran Hasil Pertanian. Malang: Universitas Brawijaya.

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinrka Cipta.

Baskoro, S.M., A.A. Taurusman, and Sudirman. 2011. Tingkah Laku Ikan Hubungannya Dengan Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap. Lubuk Agung. Bandung.

Baskoro. M. S, Ronny. I.W, dan Arief Effendy. 2004. Migrasi dan Distribusi Ikan. Institut Pertanian Bogor, Bogor. Balitbang Pertanian. Departemen Pertanian: Jakarta.

Direktorat Jenderal Perikanan. 1983. Hasil Ealuasi Potensi Sumberdaya Hayati Perikanan di Perairan Indonesia dan Perairan ZEE Indonesia. Direktorat Sumberdaya Hayati. Balai Penelitian Perikanan Laut. Departemen Pertanian Jakarta.

Fajar, Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Garda Ilmu.

Firdaus M, 2009. Manajemen Agribisnis. Bumi Aksara: Jakarta.

Gitosudarmo, I. 2001. Manajemen Strategi. Yogyakarta: BPFE YOGYAKARTA.

Gunarso, W. 1995. Mengenal Kakap Merah, Komoditi Ekspor Baru Indonesia. Bogor : Diktat Kuliah Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor Indonesia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing, 15th Edition. London:Pearson Education Limited.

Pamungkas, S.B. 2013. Analisis Rantai Distribusi Komoditas Ikan Tangkap Perikanan Laut Di Kota Tengah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Purwanto dan Sulistyastuti. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gava Media.

Rosdiana, dkk. 2012. Analisis Pendapatan Nelayan dan Sistem Pemasaran Ikan Selar Berdasarkan Musim dan Alat Tangkap di Kota Palu. Palu: Mitra Sains.

Tomek, W. G. dan K.L. Robinson. 1990. Agricultur Product Prices. 2nd edition. Cornell University Press. Ithaca and London.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-04-18 — Updated on 2024-04-18

Versions