Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Grouper: Jurnal Ilmiah Fakultas Perikanan Universitas Islam Lamongan?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Informasi Umum

Artikel dalam jurnal ini haruslah merupakan karya asli dari penulis dan tidak diterbitkan dalam jurnal lain jika ada pelanggaran seperti itu, maka otomatis akan ditolak. Selain itu penulis harus mengikuti konten artikel sesuai dengan pedoman penulisan sebelum di submit. Penulis dapat submit ke jurnal ini menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.

Jurnal GROUPER menerima 3 tipe manuskrip untuk dipublikasikan:

  1. Artikel Penelitian (Research Articles): Harus menggambarkan temuan/penelitian baru yang mempunyai orisinalitas dan memiliki sumbangsih bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan juga kepada masyarakat.
  2. Artikel Review (Review Articles): mereview sebuah objek/topik dengan memberikan gambaran yang jelas mengenai topik tersebut, baik kekurangan ataupun kelebihannya.
  3. Komunikasi Pendek (Short Communications): apabila penulis memiliki topik yang sangat hangat dan menarik, dan/atau menemukan sesuatu yang belum pernah dieksplorasi sebelumnya dalam literatur.

 

Peninjauan Naskah

Semua naskah yang telah disubmit akan ditinjau oleh editor dan anggota tim editorial atau reviewer yang memenuhi syarat. Keputusan terkait naskah akan dibuat secepat mungkin, dan pengelola jurnal berusaha untuk mengembalikan komentar reviewer kepada penulis dalam waktu empat minggu. Tim editorial akan meninjau ulang naskah yang diterima sambil menunggu revisi.

 

Ketentuan Plagiarisme

Disengaja ataupun tidak, plagiarisme merupakan pelanggaran yang serius. Plagiarisme adalah penyalinan gagasan, teks, data, dan karya kreatif lainnya (mis. Tabel, gambar, dan grafik) dan menyajikannya sebagai penelitian asli tanpa kutipan yang tepat. Jurnal mendefinisikan plagiarisme sebagai kasus di mana sebuah naskah mereproduksi karya lain dengan setidaknya 15% kesamaan dan tanpa kutipan. Jika bukti plagiarisme ditemukan sebelum / setelah penerimaan atau setelah publikasi makalah, manuskrip akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki sesuai dengan ketentuan minimal plagiarisme yang sudah ditetapkan oleh jurnal GROUPER.

 

Struktur Artikel

Menurut Engelmore dan Morgan [Buku 1.], konten atau struktur naskah disusun dalam urutan sebagai berikut: Judul; Nama Penulis; Afiliasi Penulis; Abstrak; Kata kunci; Pendahuluan; Metode; Hasil dan Pembahasan; Kesimpulan; Ucapan Terima Kasih; dan Referensi. Dokumen naskah dikirimkan ke jurnal ini dalam MS Word.

 

-  Gambar dan Tabel

Gambar dan tabel harus hitam putih, dan jika dibuat dalam warna, itu harus dapat dibaca ketika nanti dicetak hitam dan putih. Gambar dan tabel harus dapat dibaca dengan jelas dan dalam ukuran yang proporsional dengan keseluruhan halaman. Keterangan gambar harus diberi nomor, dalam spasi tunggal. Keduanya harus ditempatkan di bagian atas atau bawah halaman. Buat tabel sederhana dengan hanya menyajikan data penting, dan dapat dikenali. Gambar, bagan, dan gambar harus tajam dan jelas agar dapat dicetak dengan kualitas yang baik.

Persamaan (Equations)

Persamaan/rumus matematika harus ditulis dengan jelas, diberi nomor urut, dan disertai dengan informasi yang dibutuhkan yang berupa keterangan rumus dalam bentuk deskripsi.

Tajuk Naskah, Hurus dan Spasi

Naskah tidak boleh melebihi 10 halaman termasuk angka dan tabel yang disematkan, tidak mengandung lampiran, harus ditulis dalam format Microsoft Office (.doc/.docx) atau Open Office (.odt), dan gunakan dua kolom untuk tata letak. Kertas harus disiapkan dalam kertas A4 (21cm x 29.7cm) menggunakan 2,5 cm untuk margin kiri, 3 cm untuk atas, dan 2 cm untuk margin bawah dan kanan. Kecuali judul, Gunakan font Times-New Roman, ukuran font 11pt dan semua teks dengan spasi tunggal. Boleh menggunakan teks lengkap naskah dalam bahasa Inggris untuk pengindeksan internasional.

Ukuran maksimum Manuskrip kurang dari 10mb.

Header dan footer termasuk nomor halaman tidak boleh digunakan. Semua tautan hypertext dan bookmark akan dihapus dari naskah. Jika penulis perlu merujuk ke alamat email atau URL Internet di naskahnya, penulis harus mengetikkan alamat atau URL sepenuhnya dalam font Reguler.

Judul Naskah

Judul harus singkat tetapi dapat mencerminkan isi naskah maksimal 15 kata, ditulis dengan huruf kapital di awal kata (Capitalize Each Word), menggunakan font Times New Roman, ukuran font 14pt, dan font-style yang tebal (Bold).

Jika teks naskah lengkap dalam bahasa Indonesia, maka penulis harus menyertakan terjemah bahasa inggrisnya dengan ukuran dan style font yang sama. Apabila teks dalam bahasa inggris, maka tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Nama Penulis dan Afiliasi

Tulis nama Penulis tanpa mengikutsertakan gelar ataupun jabatan profesional seperti Prof., Dr., Manajer Produksi, dll. Jangan menyingkat nama belakang / nama keluarga. Selalu berikan nama depan dan belakang penulis. Tulis afiliasi yang jelas dari semua Penulis. Afiliasi meliputi: nama departemen/unit, (fakultas), nama universitas, dan alamat. Harap menyertakan korespondensi penulis (alamat surel) dengan menambahkan tanda bintang (*) di belakang nama.

Nama penulis ditulis dalam 11pt Times Roman (bold). Afiliasi penulis harus dalam 11pt Times Roman italic. Isi teks harus dimulai 2 baris (24 poin) di bawah alamat terakhir.

Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak dalam naskah harus ditulis dalam dua bahasa (Indonesia & Inggris) apabila naskahnya menggunakan full teks bahasa Indonesia. Jika teks dalam bahasa Inggris maka abstrak cukup ditulis dalam bahasa Inggris. Abstrak harus disusun secara sistematis dan informatif dalam satu paragraf penuh dengan tidak lebih dari 250 kata.

Kata kunci harus terdiri dari tiga hingga lima kata, dan semua kata kunci dalam huruf kecil. Setiap kata / frasa dalam kata kunci harus dipisahkan dengan tanda titik koma (;), bukan koma (,). Contoh di bawah ini:

Kata kunci: pendahuluan; metode; hasil; kesimpulan; daftar pustaka

Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan penelitian. Dalam pendahuluan harus mengatakan tentang GAP dalam kasus penelitian yang sangat penting untuk diselidiki serta terdapat kebaruan (novelty) dari penelitian tersebut yang berbeda dari penelitian sebelumnya.

Metode

Metode harus menekankan prosedur atau cara kerja dan analisis data. Untuk studi lapangan, lebih baik jika lokasi penelitian dimasukkan. Keberadaan peralatan penting tertentu harus disebutkan dalam prosedur.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan Pembahasan ditulis sebagai seri, karena teks dengan pembahasan panjang dapat dibagi menjadi beberapa sub-judul. Tidak hanya mengungkapkan hasil dalam kata-kata, tetapi juga harus jelas dan ringkas menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana hasilnya terjadi. Foto-foto inklusi hasil penelitian asli sangat diapresiasi. Pembahasan tidak hanya harus menggambarkan pendapat penulis, tetapi juga harus merujuk ke penelitian sebelumnya.

Kesimpulan

Kesimpulan adalah jawaban dari tujuan penelitian dan juga saran (suggestion) atas penelitian yang telah dilakukan. Implikasi kebijakan sangat diapresiasi apabila di ikutsertakan.

Persembahan / Ucapan Terima Kasih (Acknowledgment)

Penulis menyebutkan siapa saja yang terlibat dan membantu dalam kegiatan penelitian, terutama yang mendanai penelitian anda. Sertakan individu-individu yang telah membantu dalam penelitian anda: penasehat/pembimbing, pembantu keuangan, atau mungkin pendukung lainnya semisal, juru ketik, dan siapapun yang mensupport penelitian anda. Anda juga boleh mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu penelitian anda (jika diperlukan).

Referensi

Kutip publikasi ilmiah utama yang menjadi dasar penelitian Anda. Kutip hanya item yang sudah Anda baca. Jangan menulis naskah dengan terlalu banyak referensi. Hindari sitasi diri yang berlebihan. Hindari kutipan publikasi yang berlebihan dari sumber yang sama. Periksa setiap referensi terhadap sumber asli (nama penulis, volume, masalah, tahun, Nomor DOI). Silahkan gunakan Aplikasi Reference Manager seperti EndNote, Mendeley, Zotero, dll. Gunakan artikel lain yang diterbitkan dalam jurnal yang sama dengan model.

Apabila referensi diambil dari sumber internet, penulis harus menyertakan URL Lengkap dan tanggal ketika referensi diakses. Informasi lebih lanjut, jika diketahui (DOI, nama penulis, tanggal, rujukan ke publikasi sumber, dll.), Juga harus diberikan. Referensi web dapat dicantumkan secara terpisah (mis., Setelah daftar referensi) di bawah judul yang berbeda jika diinginkan, atau dapat dimasukkan dalam daftar referensi.

 

Daftar referensi setidaknya minimal 10, berisi referensi yang digunakan dalam penulisan artikel. Sedangkan untuk buku yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir, Referensi utama (jurnal) lebih dari 80% diterbitkan 5 tahun terakhir dan memiliki DOI (Digital Object Identifier).

Contoh:

Kim, Y.S. 2006. Conservation of plant diversity in Korea. Lanscape and Ecological Enginering 2: 163-170.doi:10.1007/s11355-006-0004-x

Fourqurean, J. W., Duarte, C. M., Kennedy, H., Marbà, N., Holmer, M., Mateo, M. A., Serrano, O. (2012). Seagrass ecosystems as a globally significant carbon stock. Nature Geoscience, 5(7), 505–509.https://doi.org/10.1038/ngeo1477

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Pengajuan belum dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).

  2. File pengiriman dalam Microsoft Word, dan Doc dalam ukuran kertas A4 dengan Margin Format adalah beberapa Halaman - Margin Cermin: Atas 3 cm, Bawah 2 cm, Kiri 2.5 cm dan kanan 2 cm.

  3. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.

  4. Teks atau format artikel Anda sudah sesuai dengan template artikel kami, jika tidak, silakan lihat terlebih dahulu Pedoman Penulis kami.

  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.

  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.