EFISIENSI PEMASARAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI DESA KANDANGSEMANGKON KECAMATAN PACIRAN, KABUPATEN LAMONGAN, PROVINSI JAWA TIMUR

Authors

  • Faisol Mas'ud
  • Slamet Hariyanto

DOI:

https://doi.org/10.30736/grouper.v6i2.31

Keywords:

Efisisensi Pemasaran, Udang Vaname (Litopenaeus vanmme)

Abstract

Penelitian  ini  untuk Mengetahui  pendapatan  usaha  yang  diterima  pembudidaya Udang Vannamei  dan
menganalisis pola saluran pemasaran Udang Vannamei, fungsi pemasaran dan lembaga pemasaran yang terlibat.
Waktu dan Tempat Penelitian Pengumpulan data di  lapang dilaksanakan mulai bulan September sampai dengan
Oktober  2015  di Desa Kandangsemangkon Kecamatan  Paciran, Kabupaten Lamongan,  Propinsi  Jawa Timur.  
Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  metode  studi  kasus  (case  study)  dengan  Udang  Vannamei  satuan
kasusnya  adalah  pedagang  yang  terlibat  dalam  kegiatan  pemasaran  Udang  di  Desa  Kandangsemangon
Kecamatan  Paciran,  Kabupaten  Lamongan.  Studi  kasus  ini  diharapkan  bisa  memberikan  gambaran  tentang
kekhasan unit-unit studi yang menjadi subjek mendalam.  
Berdasarkan  pembahasan  hasil  penelitian,  dapat  ditarik  kesimpulan  total  penerimaan  rata-rata
pembudidaya  per  tahun  sebesar  Rp  49.679.876.  Total  biaya  rata-rata  yang  dikeluarkan  pembudidaya  Rp
40.876.987. Keuntungan rata-rata yang dihasilkan sebesar Rp 24.098.546. Keuntungan per musim tanam sebesar  
Rp 5.786.987. Terdapat tiga saluran pemasaran Udang Vannamei di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.
Saluran  pertama melibatkan  pembudidaya,  pedagang  pengumpul,    pedagang  pengecer  luar  kecamatan,  rumah
makan.  Saluran  kedua  melibatkan  pembudidaya,  pedagang  pengumpul  dan  pedagang  eceran.  Saluran  ketiga
melibatkan  pembudidaya,  pedagang  pengumpul,  pedagang  pengumpul  luar  kecamatan,  pedagang  eceran  luar
kecamatan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2015-09-01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>