Sosialisasi Mutu Pada Industri Ikan Layur Kering Mawardi di Desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur

Khunaifi Kandias, Candra Adi Intyas

Sari


Pengolahan hasil perikanan Kabupaten Lamongan dikelompokkan menjadi dua berdasarkan skala usahanya, yaitu skala usaha perorangan (rumah tangga) dan usaha pengolahan hasil perikanan skala industri. Usaha pengolahan hasil perikanan di Kabupaten Lamongan pada umumnya masih berskala rumah tangga.. Tujuan dari PKM ini adalah untuk mendeskripsikan ; profil UKM Ikan Kering Mawardi, aspek produksi (aspek teknis, proses produksi  dan analisis profitabilitas), teknis sosialisasi mutu,dan sarana pengembangan mutu UKM Ikan Kering Mawardi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu meliputi wawancara,observasi dan dokumentasi dengan cara peneliti turun langsung ke lapang. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan narasumber yang sudah ditentukan yaitu Bapak Mawardi. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya sosialisasi UKM Ikan Kering Mawardi. bertujuan untuk memberikan pandangan mengenai manajemen pengembangan usaha ditinjau dari aspek produksi dan aspek pemasaran. Sosialisasi memberikan perubahan terhadap UKM Mawardi yaitu pelaku usaha khususnya UKM Mawardi merasa sangat terbantu mengenai pengadaan alat yang dihibahkan oleh program sosialisasi, Pelaku usaha mempunyai wawasan lebih luas mengenai pengendalian mutu, cara pemasaran khususnya media online, dan cara pengemasan produk yang baik dan menarik, serta wawasan mengenai kandungan gizi yang ada di dalam produknya, Meningkatkan harga jual dengan kemasan yang lebih modern dan menarik dan tentu saja higienis. Sementara untuk pengembangan usaha atau peningkatan pendapatan maupun produksi belum bisa dijalankan dikarenakan masih proses untuk memperluas pasar agar produksi tersebut dapat berkembang


Kata Kunci


Aspek Produksi, Sosialisasi, Pengembangan mutu, Kabupaten Lamongan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z dan Hutami. 2018. Mina Bisnis Ikan Cupang. Malang : UB Press.

Ahyari, A. 2002. Manajemen Produksi, Perencanaan dan Pengendalian. Buku I. Edisi Revisi. Yogyakarta

Dessler, Gary. 2003. Manajemen Sumberdaya Manusia. Terjemahan Eli Tanya. PT. Indeks Jakarta. Hal: 261.

Deitiana, T. 2013. Pengaruh Current Ratio, Return On Equity Dan Total Asset Turn Over Terhadap Devidend Payout Ratio Dan Implikasi Pada Harga Saham Perusahaan LQ 45. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 15 (1) : 82-88.

Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan, cetakan ke-7. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

MacIver, Robert Morrison. 2013 The Modern State ,London: Oxford University Press.

Majelis Ulama Indonesia. 2020. Prosedur Pendaftaran Sertifikasi MUI.

Nadir. M. 2018. Senarai Penelitian Regenerasi Sektor Pertanian : SDM, Socioagrotechnology. Yogyakarta : Deepublish.

Nindyanti, A. D. 2016. Kajian Resistance To Change Dan Perceived Organizational Support (Studi Empiris Pada Karyawan Perusahaan Swasta di Bandung). Jurnal Ilmiah Psikologi. 7 (2) : 107-121.

Primiyastanto, M. 2016. Evapro (Evaluasi Proyek) Teori dan Aplikasi Pada Usaha Pembesaran Ikan Sidat (Anguilla sp). Malang : UB Press.

Rianto, M.N. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, (Bandung: Alfabeta) h. 42.

Riyanto, B. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, ed. 4, BPFEYOGYAKARTA.

Soeharto, N. 1999. Manajemen Proyek dari Konseptual sampai Operasional. Erlangga, Jakarta.

Srihastuti I., Danang A. N., dan Sugeng H. S. 2019. Sosialisasi dan Pelatihan Teknologi Hasil Perairan dengan Menerapkan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik di Kampung Babakan Limbangan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat. 1(1): 59-63.

Suyatmaka.2018. Potensi Perikanan. Lamomgan.

Tohir, N. C. 2012. Panduan Lengkap Menjadi Account Officer. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

UKM Indonesia. 2020. Izin Produk Industri Rumah Tangga.

Wardono. B. dan T. Muslih. 2020. Peran Perikanan Tangkap Skala Kecil Dalam Pembangunan Kawasan di Weru Komplek Kabupaten Lamongan. Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan.




DOI: https://doi.org/10.30736/grouper.v12i2.92

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Terindeksasi Pada:

 

 



Jalan Veteran No 53 A, Lamongan

Email : grouper@unisla.ac.id

creative commons

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution Non-Commercial 4.0 International License

GROUPER: Jurnal Ilmiah Perikanan UNISLA 
Contact Us 
Instagramfacebook