Analisis Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Bandeng (Chanos chanos) Di Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan

Authors

  • Benny Sendi Baihaqi Fakultas Perikanan, Universitas Islam Lamongan
  • Suyoto Suyoto
  • Faisol Mas’ud
  • Bhiaztika Ristyana
  • Nanuk Qomariyah

DOI:

https://doi.org/10.30736/grouper.v12i2.90

Keywords:

Analisis Pengembangan Usaha, Pengolahan Ikan Bandeng, Analisis Sikap Masyarakat, SWOT, Model Fishbein

Abstract

Melimpahanya hasil produksi perikanan budidaya khususnya ikan bandeng di Kecamatan Glagah berbanding terbalik dengan sektor usaha pengolahannya begitu pula olahan ikan bandeng yang kurang berkembang, berdasarkan kondisi diatas maka penelitian ini berfokus pada pengembangan usaha pada pengolahan ikan bandeng. Metode penelitian secara kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan maksud untuk mendeskripsikan objek penelitian atupun hasil penelitian. Penelitian ini dilakukan pada tempat usaha pengolahan  ikan bandeng yang berlokasi di Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan pada 15 Maret 2020 sampai 3 Mei 2020.Tujuan penelitian untuk menentukan strategi pengembangan usaha pengolahan ikan bandeng dan mengetahui sikap masyarakat terhadap pengembangan usaha pengolahan ikan bandeng. Metode pengambilan sampelnya dengan metode sensus. Pengambilan sampel untuk analisis pengembangan usaha berjumlah 10 orang pemilik usaha pengolahan ikan bandeng di Kecamatan Glagah. Pengambilan sampel analisis sikap berjumlah 70 orang, yang diambil dari pembeli di tiap usaha pada 1 bulan. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut, hasil pembobotan pada faktor internal dengan bobot tertinggi dari kekuatan adalah bahan produk memiliki gizi, sedangkan hasil pembobotan dari kelemahan yang paling tinggi adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai. Dan hasil pembobotoan pada faktor eksternal dengan bobot tertinggi dari peluang adalah kebijakan pemerintah mendorong mengkonsumsi ikan dan banyaknya distributor sedangkan hasil pembobotan tertinggi dari ancaman adalah kondisi perekonomian tidak stabil dan fluktuasi harga bahan baku. Matriks posisi berada pada posisi titik koordinat pada kuadran 1 yaitu pada Strategi Agresif (strategi SO), dimana usaha pengolahan ikan memiliki kekuatan dan peluang besar. Pada analisis sikap masyarakat pada produk,  Dari hasil perhitungan didapatkan Ao (sikap konsumen) secara keseluruhan yang paling tinggi adalah produk olahan ikan bandeng kerupuk di Desa Glagah dengan Ao = 66,7.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. Y., & Kodrat, D. D. S. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis Pada Perusahaan Mitra Jaya Abadi. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 124–131.

BPS Kabupaten Lamongan. (2019). Kecamatan Glagah Dalam Angka 2019.

Fatimah, F. N. D. (2016). Teknik Analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=CRL2DwAAQBAJ

Fishbein, M, & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading, MA: Addison-Wesley

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota medan. Jurnal Bisnis Administras, 06(01), 37–43.

Irianto, H. E., & Giyatmi, S. (2015). Perikanan.

Ruslan, E. I. (2013). Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Perikanan Pada Pt. Dwi Candra Mina Citra Di Sidoarjo. Agora, 1(3), Ruslan, E. I. (2013) ‘Pengelolaan Dan Pengembangan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

PlumX Metrics

Published

2021-09-02

Most read articles by the same author(s)