Potensi Campuran Bubuk Meniran (Phyllanthus Niruri) dan Bawang Putih (Allium Sativum) Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele (Clarias sp.)

Authors

  • Melinda Kustiana Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo
  • Dewi Nurmalita Suseno Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30736/grouper.v12i1.79

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi campuran tepung meniran dan bawang putih dicampur dalam pakan (pellet) untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan lele dilihat dari pertumbuhan ikan lele dengan mengukur ABW, ADG, dan SR ikan, Dosis pakan yang dicampurkan dengan tepung meniran dan bawang putih yaitu  (B1) meniran 5gr/kg + bawang putih 20 gr/kg pakan, (B2) meniran 10 gr/kg + bawang putih 40 gr/kg pakan, dan  (B0) kontrol, perlakuan ini dilakukan selama 3 minggu masa pemeliharaan. Hasil pengukuran yang memiliki nilai tertinggi ABW dan ADG ialah pada perlakuan (B1) dengan pemberian simplisia dosis meniran 5 g/kg dan bawang putih 20 g/kg. Terjadi kematian ikan pada hari ke­3, dengan SR terendah diperoleh oleh (B2) sebanyak 93%, dan SR tertinggi diperoleh 100% oleh perlakuan (B1).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angka, S.L, S.U Darmono, F Pasaribu dan M alifuddin. 1982. Isolasi dan Identifikasi Jasad Renik Penyebab penyakit Epidemi Penyakit Bercak Merah Ikan di Jawa Barat. Buletin Perikanan I:1­14.

Ayuningtyas, A.K. 2009. Efektivitas campuran meniran Phyllanthus niruri dan bawang putih Allium sativum untuk pencegahan dan pengobatan infeksi bakteri Aeromonas hydrophila pada ikan lele dumbo Clarias sp. Skripsi. Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

BPS. 2007. Produksi Ikan Konsumsi di Indonesia. Penerbit BPS. Jakarta.

Fitriah, H. 2004 Pengaruh Penambahan Dosis Karbon Berbeda Pada Media Pemeliharaan Terhadap Produksi Benih Lele Dumbo (Clarias sp). [skripsi]. Departemen budidaya perairan fakultas peerikanan dan ilmu kelautan institut pertanian bogor. Bogor.

Kabata Z. 1985. Parasites and Disease of Fish Cultureed in Tropics. Taylor and Francis, London.

Moulia, M. N., R. Syarief, E. S. Iriani, H. D. Kusumaningrum, dan N. E. Suyatma. 2018. Antimikroba Ekstrak Bawang Putih. Pangan Vol. 27 (1): 55 – 66.

Prihandani, S. S, M. Poeloengan, S. M. Noor dan Andriani. 2015. Uji Daya Antibakteri Bawang Putih (Allium sativum L.) terhadap bakteri Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Salmonella typhimurium dan Pseudomonas aeruginosa Dalam Meningkatkan Keamanan Pangan. Informatika Pertanian, Vol. 24 (1) : 53 – 58.

Santoso, B. 1994. Lele Dumbo dan Lokal. Kanisius. Jogjakarta.

SEMILOKA, 2010. Jamu sebagai warisan budaya untuk meningkatkan citra Indonesia. LPPM, Institut Pertanian Bogor.

Sulmartini, L, D. N. Chotimah, W. Tjahjaningsih, T. V. Widiyatno dan J. Triastuti. 2009. Respon Daya Cerna Dan Respirasi Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio) Pasca Transportasi Dengan Menggunakan Daun Bandotan (Ageratum conyzoides) Sebagai Bahan Antimetabolik. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Vol. 1 (1) : 79-86.

Sunanti. 2007. Aktivitas Antibakteri Ekstrak Tunggal Bawang Putih (Allium sativum) dan Rimpang Kunyit (Curcuma domestica) Terhadap Salmonella typhimurium. Skripsi. Program Studi Biokim, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Syamsiah, I.S., dan Tajudin. 2003. Khasiat dan Manfaat Bawang Putih. Jakarta : Agromedia Pustaka.

Taufik P. 1984. Faktor Kualitas Air Dapat Mempengaruhi Timbulnya Suatu Penyakit Pada Ikan. Majalah pertanian No.3, tahun ke 31. Departemen Pertanian. Jakarta.

Triarsari, D. 2009. Aneka ramuan pencegah SARS. http://www.depkes.go.id/index.php?option=articles. [18 Juli 2020].

Wijaya, C.H., 1995. Pembuatan bubuk bawang putih (Allium sativum L.) yang mempunyai aktivitas antitrombotik dengan menggunakan alat pengering beku dan oven. Pertanian Indonesia 5(2), 96­102.

Wijaya, C.H., 2000. Sintesis Komponen bawang putih vinil­ditiin dan turunannya serta uji aktivitas anti kapangnya dengan metode bioautografi. Teknologi dan Industri Pangan 11(1).4.

PlumX Metrics

Published

2021-04-01