Strategi Pemasaran Usaha Pembekuan Ikan Laut Dengan Metode Matriks BCG dan SWOT di CV. Jioen Fishery di Desa Wedung Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

Authors

  • Moch Saad Fakultas Perikanan-Universitas Islam Lamongan
  • Muntalim Muntalim Fakultas Perikanan-Universitas Islam Lamongan
  • M. Khairul Anam Fakultas Perikanan - Universitas Islam Lamongan
  • Diena Oryza Sativa Fakultas Perikanan - Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/grouper.v11i2.64

Keywords:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks BCG, IFAS, EFAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan, merumuskan alternatif strategi untuk meningkatkan daya saing pasar serta mengetahui strategi pemasaran menggunakan analisis BCG (Boston Consulting Group) dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Metode analisis yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan matrik BCG dan matrik SWOT. Hasil dari penelitian diperoleh beberapa faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi perusahaan, dari hasil matriks BCG posisi CV. Jioen Fishery berada pada posisi Bintang/STAR sehingga strategi yang cocok untuk posisi tersebut adalah pengembangan produk, memperluas pasar dan kerja sama patungan (joint venture), sedangkan berdasarkan analisis SWOT atau kuadran SWOT, tabel IFAS dan EFAS strategi pemasaran usaha pembekuan ikan laut di CV. Jioen Fishery Desa Wedung Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan menggunakan strategi agresif, karena berada pada posisi kuadran I. Artinya perusahaan memiliki kekuatan dan peluang yang besar.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks BCG, IFAS, EFAS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daft. 2010. Era Baru Manajemen. Jilid 1. Edisi ke Sembilan Salemba Empat. Jakarta.

Ismail. 2007. Proses Kemunduran Mutu Ikan Basah. Departemen Kelautan dan Perikanan. Akademi Perikanan Sidoarjo.

Kotler P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Index Gramedia. Jilid I dan II.

Noviar dan Adi, M. 2012. Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode BCG (Boston Consulting Group) Pada CV. Agung Rejeki Firniture. Skripsi. Fakultas Teknik Industri : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rangkuti, F. 2006. Analisa SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sari, I. A., H. Riniwati dan N. Harahap. 2015 Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada PT HATNI (Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia) Di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Jurnal ECSOFiM. 3(1) Hal 16-17.

Sugiyono. 2013. Manajemen Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan ke-20. Bandung: Alfabeta.

Yaskun, M & Edi, S. 2017. Analisis potensi hasil perikanan laut terhadap kesejahteraan para nelayan dan masyarakat di Kabupaten Lamongan. Lamongan: Jurnal ekbis. 17(1), 867-868.

PlumX Metrics

Published

2020-04-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>