STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI BANDENG PRESTO SKALA RUMAH TANGGA DI KECAMATAN PAKAL KOTA SURABAYA

Mulyadi Mulyadi, Norma Aprilia, Suyoto Suyoto, Faisol Masud

Sari


Produksi bandeng duri lunak di Kecamatan Pakal Kota Surabaya Jawa Timur yang setiap harinya memproduksi 20 kg bahkan 50 kg per hari. Penjualan bandeng tanpa duri ini bisa diambil atau bisa diantar langsung ke rumah konsumen (Hayatun, 2019). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonprobabilitiy sampling dengan teknik purposive sampling. Bahan baku utama yang digunakan dalam usaha bandeng presto adalah ikan bandeng segar. Peralatan yang digunakan untuk memproduksi bandeng presto meliputi Timbangan, digunakan untuk menimbang bahan baku ikan bandeng atau bumbu. Pisau, Talenan, Ember kecil, Ember besar, Blender, Pressure Cooker, Kompor LPG, Wajan, Sutil, Serok. Bumbu yang di pakai adalah bawang putih, kunyit, garam, air. Proses produksi adalah sebagai berikut, bahan baku ikan bandeng segar, penyiangan potong ikan jadi dua bagian keluarkan isi perut, pencucian cuci sampai 4-5 kali, penyusunan ikan bandeng dimasukkan secara berselang seling, pelumuran bumbu, panci presto di isi air yang mendidih untuk merebus ikan bandeng, pemasakan ikan bandeng di rebus selama 2 jam sampai mendesis, pendinginan pada suhu ruang terbuka supaya cepat dingin, penggorengan bandeng presto di goreng dengan kocokan telur, pengemasan dengan plastik mika, pemasaran. Berdasarkan perhitungan matriks SWOT, IFAS, EFAS posisi, Strategi pengembangan bandeng presto di Kecamatan Pakal Kota Surabaya berada pada kuadran I yaitu menggunakan Strategi Agresif  dimana pengusaha memiliki kekuatan dan peluang besar. Jadi di sarankan pengusaha harus lebih meningkatkan usahanya sehingga bisa mencapai peluang dan bisa menambah kekuatan dari usahanya.


Kata Kunci


Bandeng, SWOT, IFAS, EFAS, Pakal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina 2014. Pengaruh Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Dwimitra Palma Lestari Samarinda, ejournal Administrasi Bisnis, 2 (3): 401-415 ISSN 2355-5408, eJournal. Adbisnis. Fisip-unmul.ac.id © Copyright.

Dinas Pertanian Surabaya. 2012. Profil Perikanan Kota Surabaya.

Hermanto, F. 1993. Ilmu Usaha Tani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Moleong. J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nicholson, W. 1994. Teori Ekonomi Mikro I. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Rosyudi, S. 2009. Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro. Ed. Revisi, Cet. 8. Jakarta: Rajawali Pers.

Samuelson, P. A dan W. D. Nordhaus 2003. Ilmu Mikroekonomi. PT. Media Global Edukasi. Jakarta.

Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. Jakarta. Universitas Indonesia. . 1988. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. Jakarta. Universitas Indonesia. . 1990. Teori Ekonomi Produksi . Jakarta. Rajawali Pres.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30736/grouper.v10i2.56

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Terindeksasi Pada:

 

 



Jalan Veteran No 53 A, Lamongan

Email : grouper@unisla.ac.id

creative commons

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution Non-Commercial 4.0 International License

GROUPER: Jurnal Ilmiah Perikanan UNISLA 
Contact Us 
Instagramfacebook