ANALISA FINANSIAL USAHA PENGOLAHAN IKAN KERING JAMBAL ROTI DI UD DWI MANDIRI DESA BRONDONG KECAMATAN BRONDONG

Endah Sih Prihatini

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di UD DWI MANDIRI usaha pengolahan ikan kering jambal roti Desa Brondong Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan pada tanggal 1 Januari 2012.  Hasil perikanan merupakan komoditas yang mudah mengalami proses kemunduran mutu dan pembusukan, dimana hal ini terjadi setelah ikan ditangkap. Dengan demikian perlu penanganan yang cepat, tepat dan benar untuk menjaga kualitasnya sebelum dipasarkan dan sampai ketangan konsumen, maka perlu adanya pengawetan untuk memperpanjang daya tahan. Proses pengawetan yang sering dilakukan, terutama di daerah Brondong, adalah dengan pengeringan tradisional.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik pengolahan ikan kering jambal roti dan mengetahui kelayakan usaha pengolahan ikan kering jambal roti di UD. DWI MANDIRI.

Bahwasanya dari hasil penelitian proses pengolahan bakso dilakukan secara tradisional dan usaha pengolahan bakso ikan tuna di UD. DWI MANDIRI ini menghasilkan Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) 1,5, payback periode (PP) selama jangka 1 bulan sedangkan nilai Break Event Point (BEP) total sebesar Rp.14.313.299,31. dengan demikian dinyatakan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan.

Kata Kunci


Analisa Kelayakan Usaha, Bakso Ikan Tuna

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/grouper.v3i1.15

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Terindeksasi Pada:

 

 



Jalan Veteran No 53 A, Lamongan

Email : grouper@unisla.ac.id

creative commons

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution Non-Commercial 4.0 International License

GROUPER: Jurnal Ilmiah Perikanan UNISLA 
Contact Us 
Instagramfacebook