ANALISIS KONTRIBUSI USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT (Eucheuma cottonii) TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA PESISIR (Studi Kasus di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur)

Dona Wahyuning Laily

Sari


petani rumput laut (Eucheumacottonii) dan untuk mengetahui jumlah pendapatan yang dihasilkan dari bisnis budidaya rumput laut terhadap total pendapatan keluarga di Desa Jangkar, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan seberapa jauh kontribusi usaha rumput laut di Desa Jangkar, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo sebagai bahan informasi dan pertimbangan bagi pemerintah dalam pengambilan keputusan dan potensi daerah, dan juga sebagai referensi bagi mahasiswa lain yang berminat untuk penelitian selanjutnya.

Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari 2012 di Desa Jangkar, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Lokasi dipilih secara sengaja (purposive) dengan mempertimbangkan lokasi tersebut merupakan daerah pengembangan budidaya rumput laut (Eucheumacottonii), produsen terbesar di Jawa Timur. Metode penelitian adalah metode survei; penelitian berlangsung secara langsung di lapangan dengan mengambil sampel populasi representatif dan menggunakan kuesioner sebagai sumber data. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah sampel random sampling (pengambilan sampel secara acak). Sampel diambil secara acak sehingga setiap unit populasi memiliki kesempatan yang sama untuk diteliti. Jumlah petani yang menjalankan bisnis rumput laut di Desa Jangkar adalah 153 orang. Oleh karena itu, jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan dari usaha budidaya rumput laut (Eucheuma cottonii) adalah Rp. 39.590.121 pertahun, pendapatan keluarga (total pendapatan) adalah Rp. 45.135.619 pertahun. Jadi, kontribusi bisnis budidaya rumput laut (Eucheumacottonii) terhadap pendapatan keluarga (total pendapatan sekitar 65,51%.

Kata Kunci


Eucheumacottonii, produsen

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/grouper.v3i1.14

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Terindeksasi Pada:

 

 



Jalan Veteran No 53 A, Lamongan

Email : grouper@unisla.ac.id

creative commons

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution Non-Commercial 4.0 International License

GROUPER: Jurnal Ilmiah Perikanan UNISLA 
Contact Us 
Instagramfacebook