Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal GROUPER adalah jurnal yang menyediakan publikasi ilmiah dan menyebarluaskan artikel asli dan berkualitas yang berhubungan dengan disiplin ilmu perikanan yang meliputi:

  1. Pengelolaan Sumber Daya Perairan
  2. Pengelolaan Wilayah Pesisir
  3. Pengendalian Pencemaran Perairan
  4. Kebijakan Pembangunan Perikanan
  5. Manajemen Agribisnis Perikanan
  6. Sosial Ekonomi Perikanan
  7. Penyuluhan Masyarakat Perikanan

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap artikel yang ditujukan kepada staf editorial akan dipilih melalui proses Tinjauan Awal oleh Dewan Editorial. Kemudian, artikel-artikel tersebut akan dikirim ke reviewer dan akan menuju ke seleksi berikutnya oleh Double Blind Peer Review Process. Artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi. Proses ini memakan waktu 4 minggu untuk waktu maksimum. Dalam setiap naskah akan dinilai dari aspek substansial dan teknis.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal GROUPER diterbitkan satu volume setiap tahunnya. Setiap volume terdiri atas dua issu, yang biasanya diterbitkan pada bulan April dan September. Pendaftaran jurnal dimulai setiap bulan Juni dan bulan Oktober.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...